Senin, 08 Desember 2008

PERSAUDARAAN SETIA HATI WINONGO MADIUN


Persaudaraan “ SETIA-HATI “ disingkat S-H didirikan pada tahun 1903 oleh almarhum Bapak Ki NGABEHI SOERODWIRJO dengan nama kecilnya MASDAN. Wafat pada tanggal 10 November 1944, dimakamkan di makam desa Winongo, Kota madya Madiun. Ibu SOERODWIRJO ( Ibu Sarijati ) wafat pada tanggal 6 April 1969 dimakamkan di desa Winongo juga.
Tujuan / sasaran“ S-H “ yang ditempuh adalah : Bela Negara, mengolah raga dan batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup,kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan bathin di dunia dan di akhirat,dengan jalan mengajarkan SILAT ( PENCAK SILAT ) sebagai olah raga atas dasar jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula,yaitu dengan meninggalkan semua yang menjadi larangan-larangan tuhan,dan melaksanakan semua perintah-perintahnya ( MENS SANA IN CORPORE SANO-AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR ).
Jelaslah bahwa ajaran ini adalah ajaran mulia,edi peni dan adi luhung.Oleh karena itu tidak mengherankan bagi kita bahwa segala bangsa dan semua agama dapat menerimanya, khususnya bangsa Indonesia.
Sejak tahun 1964, “ S-H “ mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini disebabkan tidak lain karena keadaan juga, sebagian besar Saudara – saudara “ S-H “ sudah banyak yang lanjut usia ( tua ), ditambah dengan makin berkurangnya penerimaan Saudara baru. Banyak saudara “ S-H “ yang sudah sepuh satu per satu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara “ S-H “, dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau keadaan yang demikian dibiarkan terus – menerus maka “ S-H “ lambat laun akan mengalami kepunahan.
Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi – peni dan adi – luhung, maka pada tanggal 15 Oktober 1965, Kami ( Soewarno ) merasa terpanggil untuk bergerak ( mengaktifieer ) kegiatan – kegiatan “S-H “. Dengan serentak gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM, serta ikut Memayu Hayuning Bawono ( memelihara dan membangun keselamatn Negara / Dunia ), membantu Negara / Pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan.
Dengan meningkatkan latihan jasmani ( pencak-silat ) dan latiahn rokhani (iman dan taqwa kepada Tuhan), maka dapat diharapkan para pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militant yang sangat berguna bagi kepentingan Negara dan bangsa.
Latihan berarti juga membiasakan, kebiasaan inilah dapat disebut sebagai takdir yang kedua ( het gewoonte is de tweed natuur ). Kalau kita membiasakan baik, Tuhan akan menakdirkan kita baik. Memang segala permulaan itu adalah sukar ( alle begin is moeilijk ) terutama jalan yang menuju kepada kebaikan – kebaikan Syurga tentu banyak sekali rintangan – rintanganya, sebaliknya jalan yang menuju kepada kejahatan, kaemaksiatan, Neraka selalu terhias dengan bunga – bungaan yang serba indah dan harum ( de weg naar de hell is met bloemen geplafeit ). Oleh karena itu harus ditanamkan juga kepada para pemuda kita yaitu cinta kasih dan kasih saying. Sesama manusia harus dicintai sebagaimana mencintai pada diri sendiri ( heb uw naasten lief gelijik u zelven ) atau falsafah agama Hindu yang mengajarkan kesosialan yang tanpa batas yang berbunyi : TAT TWAM ASI ( ia adalah kamu ). Kalau di cubit merasa sakit jangan mencubit orang lain atau dalam bahasa jawanya adalah : KEMBANG TEPUS KAKI (yen dijiwit kroso loro ojo njiwit liyan ).
Bagi Tuhan semua manusia itu sama, yang berlainan hanya taqwanya kepada Tuhan dan yang lebih taqwa itulah yang akan banyak mendapat keridhaan Tuhan.
Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa wajib direalisasikan dengan amalyah, ibadah dan karya nyata dalam pembangunan. Membangun manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945. Maka wajib bagi setiap manusia Pancasilais yang membangun Indonesia ini meresapi, menghayati dan mengamalkan ketaqwaan dalam arti yang sebenarnya. Dalam perkembangan dunia ini. Tuhan senantiasa menjadikan waktu – waktu pada saat – saat yang bersejarah sejak zaman purba sampai akhir zaman. Sejarah itu merupakan guru dan suri tauladan bagi orang yang suka mengambil pelajaran dari padanya.
Kita ini khususnya para generasi muda sebagai generasi penerus harus pandai mangambil hikmah dari peristiwa bersejarah untuk dijadikan suri tauladan dalam berbuat dan bertindak.
Kepada para Tunas Muda “ S-H “, diajarkan pelajaran Pencak Silat yang berasal dari para pendekar terkenal ( sembilan orang pendekar ) dan yang terakhir dari Bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, Saudara Tertua dalam Persaudaraan “ SETIA – HATI “ Winongo (sebagaimana yang telah terurai pada Lampiran – Lampiran diatas).
Dengan metode yang demikian ini, maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas – Tunas Muda Kita yang dapat berhasil dengan sukses.
Kita selalu berpedoman :
A. A sense of purpose and direction ( rasa tujuan dan tanggung jawab seorang Pemimpin yang mempunyai cita – cita )
B. Integriteit ( rasa setia Saudara )
Salah satu ikatan yang penting yang menghubungkan seorang Pemimpin dengan pengikut – pengikutnya ialah “ Rasa Percaya “.
Para pengikut seorang Pemimpin ingin mendapat keyakinan bahwa kepentingan mereka selalu dipikirkan dan diperjuangkan. Para pengikut ingin diyakinkan bahwa kata –kata yang diucapkan oleh Pemimpinnya dapat dipercaya dan bahwa mereka tidak usah takut akan ditinggal atau dikhianati dalam waktu menghadapi kesulitan – kesulitan. Dengan demikian antara yang dipikirkan dan apa yang dilakukan oleh Pemimpin haruslah ada Harmoni dan Kesatuan.
“ The greate man does not think before hand of his words that they may be greate. Not of his actions that they may be resolute, he simply speaks and does what is right “
Kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa segala sesuatu yang digariskan oleh Pemerintah selalu dapat kita kerjakan / laksanakan dengan sukses.

52 komentar:

  1. STK suka tai kebo ttd ashter tulungagung

    BalasHapus
  2. lek warno rumongso nduwe kontol kon moro nek tulungagung ttd ashter tulungagung

    BalasHapus
  3. lambange winongo penake diganti gambar tempek ae ttd ashter tulungagung

    BalasHapus
  4. warno wis modar yeeee, di guwak nek kali ae mayite..........

    BalasHapus
  5. WINONGO DANCOOOOOOOOOOKKKKKKKK. TERATE YEEEEESSSSSSS..........

    BalasHapus
  6. WINONGO FUCK YOU .........

    BalasHapus
  7. winongo koyo asu kabeh ttd pashter

    BalasHapus
  8. the dancok of winongorepo

    BalasHapus
  9. website celeh ye iki, organisasi koyo celeh winongo kuwi

    BalasHapus
  10. ayo gelot karo cah terate, wani pora

    BalasHapus
  11. aku cah terate tulungagung, lek ra trimo ayo gelot

    BalasHapus
  12. winongo organisasine banci

    BalasHapus
  13. eyang suro kuwi mbahe cah terate

    BalasHapus
  14. Mas Anomin nek ngendiko sing sae kalau merasa punya pendidikan ngak kayak gitu ngomong nya gimana pemuda indonesia bisa maju kalau pemuda nya kayak gitu " ojo waton muni ning sing muni nganggo waton"

    BalasHapus
  15. mulut km it djaga mas aq yakin sh terate g pernah ngajarin km ngomong ky gt,oooooooooooh aq tau km g pernah sekolah ya jd g punya sopan santun....yg buat nm sht jelek org ky km it mas anonim... law mau bersaing secara sehat dung?????? km goblok ato ap seh???????????????

    BalasHapus
  16. aq setuju bgt law SH. dsluruh dunia berdamai n bergabung g da ruginya kan?????????
    tp hrs dgn cr yg baik n mengikuti aturan yg ad dr eyang suro n jgn mementingkan ego masing2 perguruan,mengalah bukan berarti hrs kalah kan n kt cr kebenarannya bersama2 key???? smg tuhan meridhoinya,amiiiin 1jtx.......

    BalasHapus
  17. SEBUAH GAMBARAN NYATA TENTANG AJARAN "S-H" TERATE... SAYA KIRA TERTANAM KEBAIKAN DI BALIK PRESTASI "S-H" TERATE YANG MENDUNIA... TERNYATA AJARAN DI BALIK ITU SEMUA KEK GITU YA?? SUKA KISRUH... SUKA NANTANG.. SUKA MENYOMBONGKAN DIRI... SUKA MELECEHKAN PERGURUAN PENCAK SILAT LAIN...
    SUBHANALLAH....

    BalasHapus
  18. salam persaudaraan..

    ehm,, mas "anonim", itu bukan cara kita untuk menjelek2kan organisasi laen.

    bener kan mas?

    salam saking kadhang pusat.

    BalasHapus
  19. mohon dimaafkan ucapan dari "mas Anonim".

    salam persaudaraan semwa...

    peace is beautifull...

    BalasHapus
  20. Kita Do'a kan aja semoga Mas Anonim di beri Iman dan Keselamatan

    EKS

    BalasHapus
  21. wah yang komen malah banyak dari kalangan terate(kirik),isine nantang gelut ae koyo joko sembung.wong jane nek di rambik yo modar ae..dadi wong kui sing profesional cah saling menghargai.ketoro nek jago kandang..sek krucil krucil,nek jenenge pendekar kui wonge bijaksana.ketoro kui pengikut sing g patuh karo tuwekane...ngisin2ni perguruan sing dianut ae.wes ora tipe calon pendekar kbh..seneng yo trate latihane kon nyebur2 kalen..koyo kebo ae,salm Kembang Tepus Kaki,saudara2 yg berhati nurani..

    BalasHapus
  22. mas anonim saking tlg agung mudah2an diparingi seger waras pikirane,
    salam Tat Twam Asi..saking Eko kadang saking caruban.Maju terus SH WINONGO

    BalasHapus
  23. To : ashter tulungagung
    Why you speak like those? If you normal human, you can speak to smooty, don't like those. like never to accept education... what say the world!!! IDIOT...your brain enter to my ass...

    BalasHapus
  24. OJO RUMONGSO ISO
    ISO'O RUMONGSO.

    AWAS ADA ADU DOMBA
    BERSATULAH S.H

    BalasHapus
  25. Sebagai putra Indonesia, dan putra Madiun pada khususnya, saya sangat prihatin dengan kebencian yang telah mengakar pada "sebagian murid murid SH terate terhadap SH winongo atau mungkin sebaliknya yang tak kunjung berdamai yang sepintas seperti api dalam sekam. Saudaraku....Tinggalkanlah kebencian, genggam erat persaudaraan. Eyang Suro pasti menangis di alam sana karena cucu cucunya "baku hantam sendiri". Junjung Tinggi Falsafah Setia Hati..Eyang Suro tidak pernah mengajarkan kebencian terhadap sesama pada murid muridnya! Salam perdamaian buat saudara saudaraku setanah air.Saya bukan orang SH Terate maupun Winongo.tapi saya bangga di Madiun ada perguruan besar yang telah menyebar di seluruh persada.SALAM

    BalasHapus
  26. piye tho iki tukaran kok lewat internet, lek pancene wani mbok yo moro, pinarak ngomong apik2, mas bade nyobi ilmu. ojo mek gembar gembor thok. koyo ndelek nang kotange mbok'e...

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  28. salam smua.....x andry cah mdiun,..boz awke dw kie cah terate kudu ndwe sopan.....YOBENLAH KUWI URUSANE WONG NDISEK.....ngpo tow pdo gak sneng karo cah nongo....kw kan yo sak dlur kro awke dwe....olehlah nesu tpi po kw erh alasane terate karo nongo padu...wes slm ae kangge sdulur cah terate.....

    BalasHapus
  29. belajar silat itu untuk bela diri dan membantu yang lemah bukan, untu adigang adigung adguno, aku duwe adi loro satu ikut terate satunya iku winongo tapi mereka akur, jadi perguruan itu semua bagus tinggal akhak penganut nya bagus apa ndak,saya sendiri bukan salah satu dari keduanya tetapi aku suka keduanya, jadi damailah kawan

    BalasHapus
  30. kau adalah saudaraku sehidup semati, meskipun sampai dalam kubur kau tetep saudaraku.....inilah arti setia hati....buat yang suka jelekin SH Winongo baca di lambangmu trus apa arti setia hati...?apa arti persaudaraan bagimu..... skrg bkn jamannya gelutan mas... tunjukin pada dunia buat prestasi untuk Indonesia. SETUCER 1903

    BalasHapus
  31. udah bukan zamanya sesama SH saling benci,sudah saatnya kita bergandeng tangan untuk memajukan bangsa ini,yang merasa Pendekar alangkah baiknya ikut perlombaan Pencak Silat,siapa tau bisa membawa nama Bangsa dg harum,dengan membawa keharuman pada akhirnya untuk kepentingan kita juga.
    saudara2ku yang ada di SHW ato SHT ayo bergandeng tangan,damai,rukun alangkah indahnya SH bersatu.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  33. gak mau kasih komentar wis kakean, promosi blog wae yoooooooo www.stkmadiun.co.cc melu ramekne ya ben rame kakakakakaka...........

    BalasHapus
  34. Untuk tmen2 smua:

    ajaran eyang ngak ada mas yng mnjelek2kan perguruan lain,ajarnya mngajarkan tuk mnjadi mnusia yg mulia tapi mas kok malah tebalik kyakgitu?? apa mas ngak ingt pesan2 eyang,jaga image kita mas jangan kita kayak orang tidak bermoral,padahal ajranya ngak kayak gitu...

    BalasHapus
  35. untuk smua tmen2:

    ajran eyang ngak ad yang mnjelek2kan prgruan lain mas,ajaran eyang mngajarkan utk mnjadikan mnusia mulia tapi mngapa mas mlah trbalik kyak gitu?? ingat mas kia di ajari tuk saling mnghargai jangan kayak orang tak bermoral tak berpndidikan gitu ......
    trimakasih,

    BalasHapus
  36. OJO DUMEH MARANG INGSUN

    BalasHapus
  37. Aku setuju, kalau setia hati bersatu, ingatlah filsafah pancasila "berbeda beda tetap satu jua" setia hati di lahirkan satu darah satu hati. Q bkan anak sh. Tapi q suka 2'2nya persilatan yg besar, dan hanya satu di dunia yaitu "PERSAUDARAN SETIA HATI MADIUN"

    BalasHapus
  38. Semoga saja PSHT DAN PSHW bisa bersatu. Seng kecer kudu di satokne

    BalasHapus
  39. jelas sudah dan ini fakta..bahwa komentar komentar yang tidak pada tempatnya ini menunjukan bahwa rendahnya pendidikan orang tersebut / low education..dan itu banyak kita jumpai di pelosok2 pedesaan yang tidak terjangkau oleh IPTEK.saya minta kepada saudara2ku persaudaraan setia hati tunas muda winongo madiun jangan terpancing oleh provokator2 tetap jaga kewaspadaan kita sebab sudah dari dulu mereka (SH Merah)sudah berupaya memprovokasi kita.mereka bukAN SH SESUNGGUHNYA..YAKINLAH KEBENARAN AKAN DATANG PADA SAATNYA.

    Salam STK JAKARTA.

    BalasHapus
  40. akhlak eyang suro sangat mulia dan berbudi luhur dan ilmu yang diajarkan jg mengajarkan kebaikan bukan permusuhan,,,,,,,,,,,aq yakin mas anonim bukan orang SH tp orang gila yg ga bermoral,,,,JAYA LAH SH WINONGO 1903

    BalasHapus
  41. KEPADA SEMUA SAUDARA SH BAIK SH TERATE MAUPUN SH TUNAS MUDA WINONGO.JANGAN MUDAH TERPANCING OLEH OKNUM2 YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB.SAYA YAKIN BAHWA TUJUAN SH(SH WINONGO MAUPUN SH TERATE)ADALAH UNTUK MEMAYU HAYUNING BAWONO.BUAKAN MALAH MERUSAK DUNIA.MARILAH KITA SAMA2 BAHU MEMBAHU BERBUAT YANG TERBAIK UNTUK NEGARA INI.BUKANYA KITA DULU WAKTU LATIHAN SAMA PENGAJAR KITA DI AJARKAN UNTUK SOPAN SANTUN DAN BERBUDI LUHUR MAS ANONIM.TERIMAKASIH.AGUS NORWANTO DESA BALEREJO RT07/04 KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN JATIM

    BalasHapus
  42. aku bcah ndol aku ra trmo nk kro omngngne cngkm,, tws elk''i orgnssi mas...

    BalasHapus
  43. Mohon maaf semua saudaraku SH Winongo di manapun berada,

    cacian dan makian seperti yang dilontarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab di atas bukan mewakili nama sebuah organisasi. saya sendiri sebagai Warga Persaudaraan Setia Hati Terate dari Purwokerto turut prihatin dengan moral dan etika oknum tersebut. semoga Tuhan memaafkan mereka semua. salam untuk semua kadhang STK dan kadhang PSHT semua dan yang paling penting "Mamayu Hayuning Bawono"

    BalasHapus
  44. Salam persaudaraan .........
    Salam persaudaraan semua warga PSHT di manapun berada. Saya sedulur SHW sangat berterimakasih atas partisipasi dan komentar2 yang menyejukkan dan membawa kedamaian. Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa S-H tdk pernah mengajarkan permusuhan, siarkan ajaran S-H dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun. Buat beliau yg terhormat Ki Ngabei Suro Diwiryo tersenyum di alam sana. Salam........ arylegowo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  45. salam persaudaraan..........
    mas wichax sangat sangat salut dg jenengan smoga dpt menjadi contoh saudara2 yg lain. Smoga Allah SWT memberkhati anda......

    BalasHapus
  46. dah saatnya kita bersatu,tulung tinulung marang sesami,yen padu ra nek ntek e,salam persaudaraan buat saudara q SH....

    BalasHapus
  47. SH WINONGO................
    JAYA LAKSANA SURYA.....

    BalasHapus
  48. sh teratai sh winongo sedulur jangan bicara gitu menimbulkan pertengkaran ini bukan jaman majapahit bukan jaman PKI ayo lah kita bersatu agar di indonesia ini perguran kita tidak di cap jelek urak,an tiap tahun d brita isinya winongo vs teratai???? q tanya apa yg d dapat???? uang jg bukan sakit iya... kasihan petinggi petinggi kita slalu menanggung malu tiap tahun........ q orang sh teratai..... hidup damai cari agar sukses ...negara kita sudah bobrok jangan d tambahi lg

    BalasHapus
  49. Ojo podo tukaran,penak ngopi ae bro..sopo si suci adoh soko bebayane pati,sopo weruh kembang tepus kaki,bakal weruh reke artadaya..
    Dudu sanak dudu kadang yen mati melu kelangan..
    By. MARDI ANORAGA SAKTI
    #1974 salam damai

    BalasHapus
  50. warga psht surabaya....23 Oktober 2013 11.19

    Winongo dan terate hanya baju dunia..nanti ujung2 nya kita tinggal kekal di akherat...yg dnilai hanya amal kebaikan & klakuan kita ddunia...saya yakin eyang suro diwiryo dlh mngajarkan kebaikan bukan saling memusuhi...kpd saudara2 SH jngan trpancing oleh oknum2 tdk brtanggung jwb...krna damai itu indah....salam persaudaraan....

    BalasHapus

Eyang Ki Ngabehi Suro Diwiryo

image002 ggg aaaaa ki ngabehi suro diwiryo

Eyang & Murid2nya

Eyang And Muridnya
123